Tuesday, September 22, 2015

Bisnis percetakan offset masih stabil dikala dollar menanjak

Perekonomian Indonesia sedang melambat beberapa tahun terakhir hal ini menyebabkan kelesuan di beberapa bidang usaha karena harga produksi meningkat yang diakibatkan oleh nilai tukar rupiah yang melemah atas dollar amerika. Beberapa bidang usaha seperti farmasi, elektronika, dan barang-barang yang menjual dengan produk bahan baku luar negeri mendapatkan dampak dari keterpurukan ekonomi sekarang ini.

Sementara itu bisnis percetakan offset masih tetap stabil dalam beberapa bulan terakhir ini walaupun gejolak ekonomi yang membuat bidang usaha lain telah mulai terasakan. Menurut pemilik Buana cetak offset yakni Achmad dampak melemahnya nilai tukar rupiah belum terasa di percetakan offset Jakarta walau begitu mungkin dampak akan terasa dalam beberapa bulan kedepan atau awal tahun 2016.

Hal tersebut terlihat dari harga atau ongkos percetakan offset Jakarta yang masih stabil dan peminatnya pun masih cukup banyak baik itu cetak poster, brosur, flyer, maupun katalog. Achmad menambahkan bahwa bisnis di percetakan itu susah-susah gampang ya kita harus pandai menghitung kalo salah hitung itu bisa gawat bisa rugi katannya sambil tersenyum. Mudah-mudahan bisnis percetakan akan tetap lancar jaya dan tidak lesu seperti bisnis lainnya yang tergerus akibat dollar Amerika yang menanjak.

No comments:

Post a Comment